Minggu, 04 November 2018

APLIKASI FLIGHTRADAR24

APLIKASI  FLIGHTRADAR24

A.      Latar Belakang

Pesawat terbang saat ini telah menjadi salah satu alat transportasi alternatif terbaik yang biasa digunakan masyarakat. Terutama di Indonesia yang secara geografis daerahnya terpisah di beberapa pulau. Pesawat menjadi pilihan transportasi yang cepat dan praktis. Selain dapat menjangkau tempat yang jauh dengan cepat, umumnya pesawat memiliki jadwal penerbangan yang tepat waktu.
Ketepatan waktu adalah hal yang utama bagi orang-orang yang mempunyai mobilitas tinggi untuk mendukung aktivitas bisnisnya. Karena mereka harus berpindah dari suatu tempat ke tempat lain yang berjauhan. Namun terkadang jadwal penerbangan sering kali mengalami keterlambatan (delay). Keterlambatan waktu penerbangan pesawat ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor cuaca, gangguan alam, kendala teknis (kerusakan) dan kendala-kendala lain yang kadang para penumpang tidak tau apa alasannya.
Keterlambatan (delay) dapat merusak jadwal penerbangan yang telah dibuat/dijadwalkan sebelumnya. Karena bila ada satu pesawat mengalami delay dapat berpengaruh pada jadwal penerbangan selanjutnya. Bagi orang yang menjemput di bandara tujuan misalnya keluarga, guide, petugas hotel atau petugas protokol perwakilan kantor cabang, bila berpegang pada jadwal kedatangan untuk pesawat yang tertera di tiket atau di layar informasi kedatangan di bandara, mereka harus menunggu lama di bandara. Tentunya hal ini cukup merugikan karena waktu harus terbuang sia-sia karena kurangnya informasi yang memadai.
 
B.       Pembahasan
Saat ini sudah banyak aplikasi untuk smartphone yang dapat digunakan untuk memonitor/melihat informasi mengenai jadwal penerbangan di seluruh dunia. Salah satunya adalah  aplikasi Flightradar24. Flightradar24 sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai keberadaan sebuah pesawat secara real-time di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, bukan hanya informasi mengenai nomor penerbangan pesawat, pengguna juga bisa melihat jenis pesawat yang sedang diterbangkan, darimana dan kemana pesawat tersebut terbang, rute penerbangan, hingga beragam data lainnya dimulai dari ketinggian pesawat dan kecepatan pesawat pada saat itu.
Aplikasi ini seperti sebuah peta yang dilengkapi dengan tampilan timeline posisi pesawat secara real time. Bekerja dengan cara menangkap informasi yang dipancarkan dari alat pelacak yang disematkan pada sebuah pesawat terbang dan menampilkannya ke dalam sebuah visualisasi gambar.  Karena setiap pesawat yang menggunakan ADS-B (Automatic Dependent Surveilance-Broadcast) selalu mengabarkan posisinya melalui pantauan satelit, jadi dapat dilihat posisinya kapanpun dan dimanapun oleh pesawat lain dan siapapun yang mempunyai receiver data tersebut.

            Cara kerja ADS-B 
           



ADS-B (Automatic Dependent Surveilance-Broadcast) dapat bekerja karena adanya komunikasi data antara :
1.      Pesawat terbang;
2.      Satelit;
3.      Menara pemancar.
cara kerja :
1.      Pesawat mendapatkan informasi mengenai posisinya dari satelit;
2.      Kemudian pesawat tersebut menyebarkan informasi mengenai posisi dan data lainnya kepada pesawat lain dan kepada menara pemancar yang dapat menerima sinyal tersebut.
3.      Menara pemancar menyebarkan informasi tersebut ke petugas Air Traffic Control (ATC).

C.      CARA PENGGUNAAN
             Penggunaan aplikasi ini caranya cukup mudah. Ketika pertama kali dibuka, aplikasi ini akan menunjukkan tampilan peta yang dilengkapi dengan banyak ikon pesawat terbang. Kita bisa memilih salah satu pesawat untuk mendapatkan informasinya secara terperinci. Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk memilih pesawat berdasarkan maskapai penerbangan, negara dan lokasi yang terdekat dengan anda saat ini.
              Dibawah ini sudah saya rangkum fitur dan kemampuan Flightradar24 beserta ilustrasi dan detail penggunaannya.

1. Melihat Lalu lintas Penerbangan Pesawat


Layar utama aplikasi Flightradar24, kita dapat melihat banyak sekali pesawat yang dilengkapi ADS-B dilangit Indonesia tidak hanya di Inonesia tetapi juga di seluruh dunia. Dengan aplikasi ini anda dapat melacak posisi pesawat terbang dimanapun.

2.    Melihat Detail Informasi Pesawat yang sedang terbang



Aplikasi ini tidak hanya mampu melacak posisi pesawat saja. Dengan mengklik salah satu gambar pesawat yang ada di layar maka akan muncul informasi-informasi seperti koordinat pesawat, ground speed, ketinggian pesawat, model pesawat, nomor registrasi pesawat, jenis pesawat, estimasi kedatangan pesawat, dan waktu keberangkatan. Informasi yang masih terdapat gambar gembok adalah informasi yang diberikan untuk aplikasi premium atau berbayar.

     3. Memantau Rute Pesawat Secara Real Time
Kita dapat memantau perjalanan suatu pesawat secara real time, dengan mengklik ikon pesawat dan klik rute, maka akan terlihat rute perjalanan dari pesawat tersebut.

      
  
     4. Menu Search 
     


Menu ini memberikan beberapa pilihan pencarian pesawat yang kita inginkan.
1)   Flight by route
            Mencari penerbangan berdasarkan rute asal daerah keberangkatan dan daerah tujuan.
        

Seluruh bandara komersil yang ada di dunia terdaftar pada aplikasi ini, sehingga kita tinggal mencari bandara yang kita inginkan.
  
2)   Flight by airline
Mencari penerbangan berdasarkan maskapai yang digunakan.


Seluruh maskapai penerbangan yang ada di dunia terdaftar pada aplikasi ini. Kita tinggal mencari maskapai apa yang kita gunnakan.
       
       3)  Airport by country
Mencari penerbangan berdasarkan airport yang ada pada suatu negara.



Seluruh negara yang ada di dunia terdaftar pada aplikasi ini, sehingga kita tinggal mencari negara yang kita inginkan.
    
       4) Nearby
Mencari penerbangan terdekat yang ada disekitar kita.
 

Memberikan informasi mengenai penerbangan terdekat yang ada disekitar kita. Dengan mengklik salah satu penerbangan yang tampil pada layar nerby maka akan muncul informasi detail seperti berikut :
   
       5.  Melihat Tampilan Penerbangan 3D
Ini merupakan tampilan perjalanan pesawat. Namun sebenarnya tidak benar-benar real rekaman dari kokpit.  Dengan menggunakan data-data ketinggian, posisi, dan kecepatan pesawat yang dipadukan dengan Google Earth tampilan penerbangan seperti nyata.

 


D.      KESIMPULAN
Isu tentang kecelakan penerbangan saat ini sedang hangat di Indonesia. Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang baru saja terjadi membuat perhatian masyarakat Indonesia tertuju pada transportasi ini. Hal ini membuat masyarakat ingin tau lebih banyak tentang dunia penerbangan. Aplikasi ini sangat berguna bagi semua orang mengenai informasi detail penerbangan suatu pesawat.
Layanan flightradar24 ini berguna buat Anda yang ingin memantau penerbangan terutama bagi :
1)        Anda yang ingin menjemput teman atau sanak keluarga di bandara;
2)        Petugas antar jemput hotel;
3)        Petugas protokol yang hendak menjemput pimpinan;
4)        Travel guide;
5)        Penumpang pesawat itu sendiri.

KEUNTUNGAN:
1)   Menghemat waktu, kita tidak perlu berlama-lama menunggu di bandara ketika menjemput. Bila terjadi delay dapat kita ketahui dan dapat diestimasi kapan kedatangannya. Sehingga kita dapat menjemput tepat waktu;
2)   Membuka wawasan mengenai informasi detail tentang dunia penerbangan;
3) Memantau perjalanan pesawat mulai dari keberangkatan sampai dengan tujuan akhir, sehingga kita dapat lebih tenang mengetahui keberadaan kerabat yang sedang berpergian;
4) Dengan aplikasi fitur alarm yang ada pada aplikasi ini, smartphone kita akan secara otomatis memberikan kabar jika terjadi sesuatu pada pesawat yang kita pantau, hilang kontak misalnya;
5) Hiburan, bagi anda yang mempunyai waktu luang anda dapat bermain-main dengan palikasi ini misalnya melihat tampilan 3D yang cukup menarik menurut saya.


Sumber :
http://www.gisresources.com/u-s-2020-aircraft-must-gps-tracking-system/adbs/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar